Diduga Ada Persekongkolan Dalam Lelang Proyek Jembatan Air Delas

Diduga Ada Persekongkolan Dalam Lelang Proyek Jembatan Air Delas

PANGKALPINANG - Lelang proyek Jembatan Pengganti Air Delas senilai Rp 3, 5 Miliar milik Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menuai sorotan. Pasalnya, perusahaan peserta penawar lelang PT Sinar Matahari Abadi (SMA) tidak menerima hasil lelang yang telah dilaksanakan oleh Pokja 1 ULP Babel.

PT SMA pun memastikan pihaknya akan melayangkan sanggahan hasil dari lelang proyek Jembatan Pengganti Air Delas.

"Kami tentunya tidak terima dengan hasil lelang yang telah dilaksanakan oleh Pokja 1 ULP Babel, kami menilai bahwa hasil lelang proyek Jembatan tersebut terindikasi adanya persengkongkolan terhadap penyedia jasa yang dimenangkan, " ujar Freddy dari PT SMA

Freddy melanjutkan, bahwa Dugaan telah terjadi penyimpangan karena dalam PERPRES nomor 12 tahun 2021 berserta perubahan dan aturan turunannya serta yang telah ditetapkan  dalam dokumen pengadaan dan Undang-Undang nomor 5 tahun 1999 tentang Larangan Praktek Monopoli dan Persaingan Tidak Sehat pada pasal 22 dan 24 dalam pelaksanaan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah.

"Hal ini dapat dibuktikan berdasarkan evaluasi penawaran yang dilakukan Pokja 1, untuk itu kami putuskan melayangkan sanggah, " lanjut Freddy Kontraktor PT SMA saat dihubungi melalui sambungan telepon, Selasa (13/4/2021) sore.

Pria yang akrab disapa Apong ini menegaskan, selain melayangkan sanggah, pihaknya juga berencana akan melayangkan laporan pengaduan ke Aparat Penegak Hukum (APH) bahkan laporan pengaduan hingga ke Komisi Pengawasan Persaingan Usaha (KPPU).

"Kami juga berencana membuat laporan pengaduan ke APH baik itu Kepolisian maupun Kejaksaan bahkan hingga ke KPPU, " Tegasnya Apong

Sementara Abeng, selaku Kasi Jembatan Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Babel, sekaligus PPK proyek Jembatan Pengganti Air Delas mengaku belum dapat berkomentar banyak lantaran saat ini lelang proyek jembatan Delas sedang berlangsung.

"Lelang Itu kan sedang berlangsung, masih berproses dan saya selalu PPK tidak dapat berkomentar banyak, " singkat Abeng melalui sambungan telepon, Selasa (13/4/2021) malam.

Sementara itu, Nanda, yang disebut-sebut sebagai ketua Pokja 1 proyek Jembatan Pengganti Air Delas sedang dalam upaya konfirmasi.

Untuk diketahui, lelang proyek Jembatan Pengganti Air Delas diikuti sebanyak 3 perusahaan yang melakukan penawaran.Ke 3 perusahaan itu, masing-masing yakni PT Sinar Matahari Abadi (SMA), PT Mawar Sari Mandiri (MSM) dan PT Bina Mulya Lampung (BML).Pokja 1 ULP Babel menetapkan PT Mawar Sari Mandiri sebagai pemenang dengan harga penawaran dan harga terkoreksi Rp 3.377.100.897, 17 dari nilai pagu paket Rp 3.503.330.000, 00. 

Nopri

Nopri

Previous Article

Dinilai Janggal, Lelang Jembatan Delas Milik...

Next Article

Pengasuh Pondok Pesantren Al- Barokah Tegaskan...

Related Posts

Peringkat

Profle

Subhan Riyadi

Siswandi

Siswandi

Postingan Bulan ini: 65

Postingan Tahun ini: 498

Registered: Jan 25, 2021

Aleks Waine

Aleks Waine

Postingan Bulan ini: 20

Postingan Tahun ini: 45

Registered: Feb 26, 2021

Yudi Hutriwinata

Yudi Hutriwinata

Postingan Bulan ini: 11

Postingan Tahun ini: 75

Registered: Mar 31, 2021

Junaidi

Junaidi

Postingan Bulan ini: 10

Postingan Tahun ini: 140

Registered: Jan 24, 2021

Profle

Junaidi

Dandim Nabire: Saya Malu Ada Oknum TNI Yang Terlibat Dalam Masalah Ini
Gerbong Mutasi Pejabat Utama Polres Luwu Utara Kembali Bergulir. Ini Daftar Lengkapnya
Menghalangi Tugas Wartawan Bisa Dipidana Dua Tahun
10 Hari Meninggalkan Rumah Sarun Ditemukan MD di Tengah Sawah

Follow Us

Recommended Posts

Kompol Johan Wahyudi, Wakapolres Babar Ajak Masyarakat Untuk Vaksin Agar Terhindar Dari Covid 19
Tuntut Referendum, KNPB Bersama 110 Organisasi Menolak Pengesahan RUU Otsus Jilid II Untuk Papua
Tekan Angka Covid-19, Polres  Bangka Barat Gelar Operasi Bina Waspada Menumbing – 2021
Kodim 0431/Bangka Barat Gelar Serbuan Vaksinasi Massal Covid-19 TNI-Polri
Peringati HUT Bhayangkara ke 75, Polres Bangka Barat Tabur Bunga di Laut